Pages

Jumat, 17 Desember 2010

Job 2 ras Elf

Dibagian ini saya akan nge-post semua bagian (Figther dan Mystic),,dan hanya ras human saja, yg saya pisah antara figther dan mysticnya (karena job-nya Human paling banyak)
FIGTHER

1. Temple Knight (TK) : Temple Knight adalah class tipe
tanker dari ras Elf. Job ini memfokuskan diri pada pertahanan, seperti Paladin. TK memiliki jumlah skill yg terbatas, dan bahkan memiliki lebih sedikit skill unik.
Mereka focus pada pertahanan, bukan menggunakan pertahanan badan yg kuat, melainkan menggunakan evasion yg tinggi. Mereka memiliki skill - skill dasar seorang tanker, seperti : "Aura of Hate", "Shield Fortress", "Arrest" ,"Tribunal", "Ectangel", dan tentunya "Ultimate Defense", karena skill - skill  barusan merupakan skill dasar, saya kira saya tidak perlu untuk menjelaskannya secara rinci. Kalau mau lihat penjelasan secara rincinya bisa dilihat di web resmi Megaxus..

TK juga mempunyai 2 macam cubic yg bisa di summon. yaitu :
"Storm cubic" menyerang secara acak monster yg ada di sekitar dengan serangan magic.
"Life cubic" menyembuhkan HP pemilikinya.

TK adalah class yg langka. Dan banyak orang, pada awalnya (termasuk saya juga, sih) mengira TK adalah class yg jelek untuk dimainkan, Tetapi itu mungkin tidak benar.

TK memiliki speed yg paling tinggi dibandingkan para tanker yg lain..Mereka bisa menangkis semua serangan dengan perisainya, dari segala arah, seperti SK.. Tetapi sperti SK, TK memiliki jumlah HP yg rendah, dan kemampuan menyerang mereka berada di bawah rata-rata. Dan cubic - cubic yg disummon, seperti nya gak terlalu membantu

Gaya permainan-nya sama seperti DA. Saya meyarankan (saran saya loh, bukan kewajiban dan keharusan) jika ingin menjadi seorang tanker, jangan pilih TK.

TK adalah class dengan tingkat kesulitan tinggi.


2. Swordsinger (SwS)  : Sws adalah seorang party assistant seperti Bladedancer (BD). Tetapi, jika BD menggunakan dance dalam dalam memberikan party buff, maka Sws menggunakan nyanyian dalam memberikan party buff-nya, yah kira-kira begitulah bedanya.

Mereka memiliki skill yg sama dengan sebagian class dari ras elf yg lain,, seperti : "Elemental heal", "Cure poison/ Bleed.

Sebagai seorang party assistant, Sws memiliki skill yg unik , seperti :
"Psycho symphony" Skill are yg membuat musuh di sekitar-nya, kekurangan speed, atk speed, dan cast speed.
"Sword of symphony" memberikan damage kepada musuh disekitarnya, dan membuat yg masih hidup (dari serangan skill itu) melarikan diri.
Sws juga memiliki beberapa skill tipe song (ya,, iyalah.. namanya juga Singer). Saya hanya akan mempost beberapa skill song, yg sering digunakan.. Contohnya :
"Song of  Warding" Meningkatkan M.Def. dari anggota party sementara.
"Song of Invocation" Meningkatkan daya tahan terhadap serangan ber-elemen kegelapan (Dark) untuk sementara.
"Song of Wind" Menambah kecepatan anggota party.
"Song of Hunter" Menambah kemungkinan serangan critical anggota party.
"Song of Life" Meningkatkan regenerasi HP anggota party
"Song of Earth" meningkatkan p def anggota party

Sebenarnya ada beberapa skill song lagi, tapi karena saya hanya nge-post yg sering dipake, jadi kalo mauliat yg lengkap bisa dilihat di sini.

Sws bisa berguna sebagai party assitant untuk hunt maupun dalam PVP...Tetapi menurut saya (ini pendapat saya, bukan kebenaran yg mutlak) mereka tidak sehebat BD, karena Sws tidak memiliki p atk yg cukup, sehingga saat diserang musuh, akan agak sulit jika tidak dibantu temannya. Tetapi mereka memiliki speed dan m def yg lumayan.
Pekerjaan Sws dalam PVP masal (TW, CS) hnya memberikan buff dari belakang, tanpa harus terjun langsung ke medan pertempuran.

Memainkan Sws terlihat mudah tapi sebenarnya tidak,,Sws adalah class dengan tingkat kesulitan sedang.



3. Plainswalker : Juga dikenal dengan PW (inget!! ini julukan PW nya, bukan nama game laen,, juga bukan posisi wuenak). PW adalah class tipe daggerist dari Elf.

Sebagai seorang daggerist, tentu mereka juga memiliki skill dasar seorang daggerist, seperti : "Backstab", "Deadly Blow", dan "Blinding Blow", "Ultimate Evasion". Dan juga beberapa skill - skill dasar daggerist yg lain (bisa dilihat di sini ).. Sangat disyangkan, bahwa PW tidak memiliki skill yg unik.

Plainswalker adalah class daggerist yg paling cepat. Mereka juga memiliki accuracy dan critical change yg paling tinggi, diantara para daggerist yg lain. Tetapi PW memiliki damage dan critical power yg paling rendah dibandingkan para daggeristyg lain. HP yg dimiliki PW lebih sedikit daripada yg dimiliki TH, tetapi sedikit lebih banyak daripada AW.

Tipe permainan semua daggerist adalah sama, oleh karena itu, saya rasa gak perlu,,yah, saya jelasin cara maeninnya.Menururt saya, memainkan PW lebih susah dibanding memainkan TH, tetapi lebih mudah daripada memainkan AW

Plainswalker adalah class dengan tingkat kesulitan sedang.



4. Silver Ranger : Dikenal dengan SR, adalah class tipe archer dari ras ELF. Semua skill yg dimiliki PR hampir sama dengan skill para archer yg lain, kecuali 2 skill (Kalau HE kan, punya dua skill istimewa "Dash" dan "Pain of Saggitarius"....nah, kalo SR punya skill "Elemental Heal" dan "Cure bleed/poison/entangle.

Selain itu SR juga memiliki sebuah skill unik yg lain, yaitu : "Rapid Fire" Menambah p atk, atk speed, dengan menurangi jarak tembak (misalnya.. kalo biasanya dari jarak 900 yard udah bisa nembak, klo pake skill ini harus dari jarak 600 yard)

SR adalah class tipe archer tercepat dengan speed dan atk speed yg paling tinggi, juga Critical chance yg paling besar juga. Tapi damage yg dihasilkan adalah yg paling rendah dibandingkan para archer yg lain. HP yg dimiliki memiliki perbandingan HE > SR > PR.

Tipe permainan SR, lebih mengandalkan speed dan juga jarak tembak yg jauh, mereka berlari ke sekitar musuhnya dan menembak dari jarak jauh (biasanya sih, ngincer punggung musuhnya) yg disebut "kiting (ini bukan nama skill,,yah). SR sangat handal dalam "kiting" dan kebanyakan korbanya adalah tipe fighter jarak dekat (Jangan memakai cara "kiting" saat melawan mage).

Saat buff yg dimiliki SR dalam kondisi penuh, mereka sangat handal. SR disebut dengan class archer yg paling gampang buat dimainkan.

Mystic

5. Elemental Summoner : (Maaf gambarnya, agak beda dari class yg laen, susah nyari gambar yg cocok sama yg laen).OK, back to the topic. Disebut juga ES, adalah class tipe summoner dari ras ELF (ya iyalah summoner, dari namanya aja udah tau). ES adalah class yg sangat menarik untuk dimainkan, karena servitor yg di-summon seperti mahkluk hidup sungguhan.

Mereka bisa mendapatkan exp dimana saja, dan tidak seperti summoner yg lain, ES dapat men-summon Unicorn Merrow, yg bisa membuat leveling dengan cepat. Tetapi cubic yg dimiliki adalah cubic yg paling lemah diantara para summoner yg lain, tetapi baik "Healing cubic" dan "Aqua cubic", cukup berguna. Dalam PVP dianggap lemah, karena semua buff untuk crit change/ atk speed tidak efektif jika digunakan kepada si pen-summon (lebih efektif kalo dikasih ke servitornya).
Semua class summoner adalah seorang damage dealer (meskipun tidak sehebat Damage dealer yg asli). Salah satu kemudahan memainkan class ini, adalah kamu tidak perlu equip yg bagus- bagus amat, dan juga cara memainkannya yg agak mudah, sehingga leveling bisa dilakukan dengan cepat.

Di sini saya akan menyebutkan beberapa skill yg dimiliki ES.!! Sebenarnya, skill yg dimiliki oleh ES sebagian besar merupakan skill dasar para summoner, yg juga dimiliki oleh job summoner dari ras lain,,contohnya :
1. Skill yg digunakan untuk servitor :
 "Servitor heal", "servitor recharge", "servitor haste", "servitor shield", (itu merupakan skill-skill dasar), sedangkan skill unik-nya antara lain :
"Bright servitor" skill untuk memberi buff pada servitor yg hanya dimiliki oleh ES (efek buff: menambah m atk servitor 75%)
 "servitor's blessing" membatalkan efek hold/paralysis yg ada pada servitor state
 "servitor cure" menyembuhkan servitor dari efek bleeding dan poison.
 "Wizard servitor" men-summon servitor yg bersifat seperti nuker (memerlukan 10 spirit ore). Menurut saya ini tidak terlalau berguna dalam PvE, sedangkan dalam PvP lebih berguna dalam pertarungan satu lawan satu.
2. Skill untuk "cubic-nya"
"Healing cubic" nge-heal HP si summoner atau anggota party si summoner. Tetapi memiliki cooldown yg lama.
"Aqua Cubic" dan "Mass Aqua cubic", kedua-nya sama, yaitu : men-summon cubic yg menyerang musuhnya menggunakan elemen air (cuma beda,, yg satu cuma bisa nyerang satu musuh dan yg mass cubic-nya nyerang secara area)
3. Jenis-jenis servitor :
Yg pastinya jenis makhluk yg di-summon adalah Unicorn
 "Unicorn Mirage" Mengambil 90% dari exp-mu,,tetapi ini adalah servitor yg paling murah untuk di-summon, karena hanya butuh 2 cristal grade D. Kemampuan utamanya menurut saya (setelah liat orang maenin-nya), adalah untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dan pastinya untuk hunt.
"Unicorn Boxer" Mengambil 30% dari exp-mu. Cukup berguna di awal, tetapi kurang berguna pada akhirnya. Jika kamu kehabisan MP, maka jika men-summon unicorn boxer, maka setelah 1-2 menit , mp akan penuh lagi.
"Unicorn Merrow" Mengambil 10% dari exp-mu. Ini adalah Unicorn yg bertipe serangan,, memiliki 3/4 HP dari Unicorn Miragge, tapi memiliki p atk dan evasion yg lebih besar.
 "Unicorn Seraphim" Mengambil hanya 5% exp-mu. Ini adalah Unicorn khusus untuk party. Unicorn ini memiliki hanya 3/5 HP dari Unicorn Mirrage dan p atk yg rendah,,tapi memiliki beberapa buff dan skill untuk nge-heal anggota party-nya ...Beberapa skill yg dimiliki oleh Unicorn ini antara lain :
"Blessing of Seraphim" Regenerasi MP bertambah sebanyak 35%
"Gift of Seraphim" Memperpendek waktu penggunaan skill kembali/pengulangan skill. Hanya memiliki efek selama 2 menit.
4. Skill ES yg lainnya :
"Betray" Membuat servitor musuh untuk menyerang pen-summon nya (tuan-nya)
"Summon friend" men-summon teman anggota party ke lokasi mu
"Transfer Pain" Memindahkan damage yg diterima servitor, ke summoner (tuan-nya)

Saya tidak bisa menulis lengkap semua skill yg dimiliki ES, jika mau lihat semua skill nya bisa dilihat di sini. Menurut saya, ES adalah class dengan tingkat kesulitan sedang.


6. Spellsinger : Juga dikenal dengan panggilan Sps, (beda yah,,sama Sph). Spellsinger adalah job mage(nuker) dasri ras Efl (ya iyalah dari ras Elf, dari judulnya aja udh tau, ga ada kerjaan nih, nulis bertele-tele begini). Oke,, back to the topic. Keunggulan Sps dari class nuker yg lain adalah cast.speed-nya yg paling cepat dibanding para nuker dari ras lain. Tapi damage yg dihasilkan berada di bawah Spellhowler dan Soccerer. Cara bermain-nya adalah, membunuh musuhnya dengan cepat, sebleum musuhnya menyentuh si Sps-nya. Jadi kalau mau rusuhin orang yg nick-nya berwarna putih, kalo ikutin cara berikut, pasti nick-mu langsung merah.


Beberapa skill yg dimiliki oleh Sps (saya mau tulis yg paling sering dipake,aja!!) :
"Hydro Blast" Menyemburkan air bertekanan tinggi, memiliki cooldown yg sangat cepat, tetapi sekali lagi damage yg dihasilkan tidak sebesar Sph (pemberitahuan ini berlaku bagi skill yg lainnya)
"Solar Flare" Menyerang musuh memakai energi listrik, memiliki power dan damage lebih besar dari hydro blast, tetapi memiliki cooldown yg lebih lama dari hydro blast.
"Curse Fear"sebenarnya, skill ini milik semua class nuker, tapi karena temen saya sangat bangga dengan skill ini, jadi yah saya post di sini. Efek : Membuat musuh berlari ke arah yg berlawanan dari si player yg make skill ini.
"Sleeping cloud" membuat musuh disekitar menjadi diam (tidur??, tapi aneh, masa tidur berdiri?)
"Ice dagger" membuat target terkena efek bleeding.
"Aqua Splash" Serangan area yg berbentuk gelombang,,tapi menurut beberapa orang cooldown-nya cukup lama,, ga tau bener atau ngak (maklum,,saya ga maenin nih job).

Itu di atas cuma beberapa skill doank, bukan semuanya(ya iyalah, mana ada class skill-nya cuma 6, kalo mau liat yg lengkap liat di web resminya.
Sps adalah class dengan tingkat kesulitan sedang.


7. Elven Elder
 Yg dikenal dengan singkatan EE,, jelek banget yah,,singkatanya, ya udah terima aja deh,,dari sana-nya panggilannya juga begini
Elven Elder adalah job tipe suport yg lebih terfokus kepada nge-heal HP para teman ataupun anggota party-nya. EE juga memiliki beberapa variasi buff yg bertipe defensive, yg bisa diberikan kepada anggota party atau temannya.

Saya tidak akan mem-post semua jenis buff yg dimiliki EE.Tapi ada beberapa buff yg cukup menarik untuk dijelaskan.
EE memiliki "Bless shield" dan "advance block". 2 buff ini bisa meningkatkan kemungkinan anggota party menahan serangan dengan perisainya, dan bahkan class yg tidak memakai perisai, bisa merasakan efek dari buff ini. EE juga memiliki resistansi terhadap serangan yg memiliki efek stun dan shock, yg sangat berguna.

EE lebih mirip dengan healer daripada buffer. Mereka memiliki skill "major heal" dan "vitalize" yg bisa memulihkan HP anggota party dengan cepat, juga dengan skill "vitalize" EE bisa menyembuhkan teman/anggota party dari efek poison dan bleeding. Mereka (EE) juga memiliki skill untuk membangkitkan teman yg mati ("resstruction") dan memulihkan exp yg hilang dari teman-nya tersebut. Selain itu mereka punya "party recall" yg berguna untuk memindahkan semua anggota party kembali ke Kota terdekat tanpa harus menggunakan Scroll of Escape

Tetapi tetap saja kemapuan nge-heal Elven Elder (EE) masih di bawah Bishop,, sedangkan SE dan Warcryer merupakan buffer yg lebih baik daripada EE. Dalam suatu party EE bisa menggantikan tugas Bishop, tapi tidak bisa menggantikan tugas SE. Tetapi,, EE bukanlah class yg tidak berguna, mereka tetap saja diperlukan dalam suatu party..
Elven Elder adalah class dengan tingkat kesulitan tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar